Kamis, Juli 16, 2009

Apa yang terjadi setelah kita menelan makanan?








keterangan video:
makanan dikunyah menjadi halus di dalam mulut dan bercampur dengan cairan liur. Bubur makanan tersebut dinamakan: Bolus.
Setelah ditelan melewati esofagus, makanan akan masuk ke lambung (lihat pasta dan tomat serta sayuran lainnya masuk ke lambung). Disana makanan akan bercampur dengan asam lambung dan dilumatkan menjadi cairan yang dinamakan: Kimus yang kemudian dibawa ke usus halus. (Lihat cairan putih yang dibawa ke usus halus). Pergerakan makanan dibantu oleh gerakan saluran cerna yang dinamakan gerakan peristaltik (lihat gelombang-gelombang pada bagian dalam pencernaan bagian atas yang disorot).
Di usus halus makanan akan dicerna lebih sempurna dengan bantuan enzim-enzim yang keluar dari dinding usus melalui celah bulu-bulu (vili) halus di dinding usus dan dari lubang saluran empedu dan pankreas (terlihat vili-vili yang di-zoom di akhir tayangan. Cairan hijau yang keluar dari sebuah lubang itu adalah cairan empedu dan pankreas yang menguraikan makanan). Nutrisi akan diserap ke aliran darah oleh dinding usus setelah zat-zat makanan diurai dengan sempurna.

2 komentar:

  1. Gambar yang menarik..!!
    Fungsi-fungsi dan sifat-sifat dari cairan empedu dan pakreas itu apa? dan dimana tepatnya proses pelepasan cairan/kelenjar itu terjadi? apakah empedu memiliki saluran2 atau pembuluh2 halus disepanjang usus halus?
    Mohon petunjuknya..terimakasih

    BalasHapus
  2. Terimakasih untuk feedbacknya. Cairan empedu dikeluarkan dari kantung empedu di hati, berfungsi sebagai pengemulsi lemak (lemak dan air tidak dapat bersatu sehingga butuh suatu zat pengemulsi).

    Sedangkan cairan pankreas dikeluarkan oleh kelenjar pankreas yang mengandung enzim-enzim yang mencernakan karbohidrat, lemak maupun protein.

    Masing-masing disalurkan dari asalnya melalui saluran yg berbeda, lalu bersatu (ampulla vateri)dan dikeluarkan di usus halus melalui sebuah lubang keluar yang bernama sphincter oddi. Letaknya di bagian pangkal dari usus halus. Salam.

    BalasHapus