Senin, November 01, 2010

KISSING DISEASE (MAAF TULISAN INI BELUM DISELESAIKAN)



Aih apa itu? Kissing disease? Apakah ini sejenis wabah yang menyerang manusia jadi ingin berciuman?
Hahaha. Tidak, tidak, bukan begitu. Simaklah yang satu ini.

Saat ini saya ingin menguliti penyakit yang dijuluki Kissing Disease. Bukan dorongan untuk berciuman akan tetapi penyakit yang ditularkan lewat ciuman. Ciuman disini tentunya bukan cium pipi, akan tetapi ciuman bibir. Saya yakin yang baca blog ini sudah mengerti apa itu ciuman bibir jadi tak perlu saya perpanjang lagi mengenai hal itu. Bila saya tuliskan kata berciuman yang saya maksudkan adalah jenis ciuman yang satu ini.

Definisi, Penyebab dan Cara Penularan
Julukan Kissing Disease diberikan kepada penyakit Infectious Mononucleosis (bahasa Inggris) atau disingkat dengan julukan Mono atau disebut juga Glandular Fever yang bahasa Indonesiannya adalah Demam Kelenjar. Penyebab penyakit ini adalah dua jenis virus. Nama virusnya adalah virus Epstein-Barr (EBV/ Epstein-Barr Virus) dan Cytomegalovirus.

Virus masuk tubuh melalui pertukaran air liur dan mengalami masa inkubasi selama 4-7 minggu. Pertama kali virus akan bereplika (memperbanyak diri) di daerah laring (tenggorok) kemudian masuk ke sel B dan antibodipun dikeluarkan oleh tubuh yang menyebabkan gejala-gejala penyakit. Saat gejala sudah hilang seseorang yang terinfeksi masih bisa menularkan virusnya. Lama dari hilangnya gejala sampai tidak dapat menularkan lagi bervariasi, dikatakan para ahli lamanya bisa sekitar 18 bulan dari hilangnya gejala. Setelah itu baru bisa dikatakan virus sudah hilang dari tubuh.


Gejala
Gejala dari radang kelenjar sangat beragam, seperti: sakit tenggorok/ radang tenggorok, pembengkakan kelenjar getah bening, demam, mual, kelelahan, bercak-bercak kemerahan di kulit, kehilangan napsu makan dll. (Lihat gambar di bawah ini)


versi wikipedia


versi medterms



Terapi
Untuk mengetahui adanya EBV atau Cytomegalovirus diperukan pemeriksaan darah khusus untuk mendeteksi virus-virus ini. Oleh dokter biasanya pasien akan diberikan obat anti-viral dan anti-radang. Pola hidup yang sehat seperti makan makanan yang bergizi serta tidur yang cukup sangat diperlukan dalam proses penyembuhan.

Jenis Penyakit Lain yang Dapat Ditularkan Lewat Ciuman
Sebenarnya banyak penyakit lain yang dapat ditularkan lewat berciuman akan tetapi julukan Kissing Deases lazimnya diberikan pada Demam Kelenjar akibat EBV dan Cytomegalovirus saja (prototypical kissing disease). Virus atau bekateri lain yang dapat berpindah saat berciuman antara lain adalah: <>

Untuk HIV atau virus yang menyebabkan AIDS belum pernah dilaporkan ada penularan lewat ciuman.

SARAN:
Sebaiknya bila sedang sakit flu atau batuk atau infeksi gigi maupun gusi jangan dulu melakukan ciuman sehingga pasangan kita tidak tertular bakteri/virus yang sama.

MAAF, TULISAN INI BELUM SELESAI!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar